Wednesday, August 02, 2006

Non Linear Movies

Gue sendiri bingung gimana ngejelasinnya ya ? Pokoknya scenes nya ngacak, kadang ending filmnya di depan kadang di tengah atau malah ga ada. Penasaran ? gue rekomendasikan beberapa yang menarik di bawah ini :

1. Pulp Fiction (1994)

Cast : John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis
Director : 'The one and only' Quentin Tarantino

Ceritanya tentang gangster yang kerja di bawah satu orang boss kulit hitam. Pertama bakal membingungkan karena kita agak dibuat kabur dengan dua orang yang mencoba ngerampok Resto, kemudian cerita berpindah ke 2 orang yang menyatroni penjahat kacangan, berpindah lagi ke petinju. Itulah hasil kerja si Quentin, geblek tapi brilian. Dinominasikan Oscar tahun 1995, n melambungkan nama Samuel L. Jackson dan Uma Thurman serta John Travolta yang waktu itu mulai meredup. Jangan lupa adegan Twist Dance Travolta and Uma.

2. Amores Perros (2000) - Mexico

Cast : Gael Garcia Bernal and some mexican actors
Director : Alejandro Gonzales Inarritu

Tiga rangkaian cerita yang bertemu di satu kejadian tabrakan mobil di sebuah perempatan jalan Mexico City. Intinya tentang kehilangan. Kehilangan seseorang yang dicintai, kehilangan hidupnya, kehilangan anjing yang jadi sumber nafkah. That Was Awesome..

3. 21 Grams (2003)

Cast : Naomi Watts, Benicio Del Torro, Sean Penn
Director : Alejandro Gonzales Inarritu

Kesuksesan Amores rupanya menarik minat Hollywood untuk meng-hire Inarritu dalam 21 Grams. Ini lebih membingungkan lagi, bayangkan aja sederat foto satu peristiwa kemudian disusun secara acak jadi gak gitu jelas, walau sebenernya kalo diikuti lama2 ngeh juga jalan ceritanya. Lagi2 dia pake peristiwa kecelakaan di jalan sebagai momentum utama cerita film ini. Dan lagi2 tentang sebuah kehilangan.

4. Memento (2001)

Cast : Guy Pearce, John Pantoliano, Carrie-Ann Moss
Director : Christopher Nolan

Udah pernah gue bahas sebelumnya, jadi gak dibahas lagi deh.

5. dan 6. Kill Bill Vol 1 dan Vol 2

Cast : Uma Thurman, David Carradine, Lucy Liu, Daryl Hannah
Director : Mr. Tarantino lagi

Gak perlu terlalu mutar otak buat nikmati keduanya, hanya gaya flashback yang banyak membuat gue masukin film ini ke katagori Non Linear. Tentang perjalanan balas dendam ex pembunuh bayaran. Banyak scenes nya diadaptasi dari flm2 Kungfu Hongkong klasik.

7. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Cast : Jim Carrey, Kate Winslet, Mark Rufallo, Elijah Wood, Kirsten Dunst
Director : Michael Gondry

Film Jim Carrey yang sangat tidak 'Jim Carrey', drama tentang perjalanan di balik alam sadar kala hendak dihapus ingatannya. Awalnya bakal bingungin karena justru ending - awal ending - film ini ditaruh di depan, baru kemudian gaya flashback muncul di pertengahan.


Kabarnya film semi animasi Keanu Reeves yang baru A Scanner Darkly juga memakai gaya yang kurang lebih sama.

2 Comments:

Blogger Rudi Pg said...

Twist Dance di 'Pulp' itu namanya Batusi, tariannya Adam West waktu jadi Batman di tv. Gw tau dari Wizard, seputar 'Batman Begins'. Belum liat sendiri, tapi cukup geblek kayaknya sampe ada Batusi fans club di internet segala!

Gw agak2 retarded soal movie-going belakangan ini, jadi sori kalo komentarnya gak mutu...

5:01 PM  
Blogger Andrian said...

Gue malah baru tau. Yang gw tau cuma twist dance aja. Pulp Fiction emang geblek tapi brilian. Gw ketawa pas nonton si Samuel Jackson nasehatin lawannya pake nyomot kata2 dari Bible (Ezekiel sekian2) tapi udah itu dia bantai juga.

8:04 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home