Sunday, August 06, 2006

The Port of Nowhere

Baru-baru ini aku nonton film 'The Motorcycle Diaries' / 'Diarios de motocicleta', bercerita tentang Ernesto Guevara dan dan sohibnya Alberto Granado semasa belum lulus dari kuliah kedokteran. Awal dari segalanya atau awal yang mengubah cara pandang Guevara (biasa dipanggil Che) terhadap lingkungan sosial utamanya Amerika Latin. Dari semua hanya perjalanan senang-senang mengelilingi Chile, Peru, Venezuela dalam 4 bulan menjadi 8 bulan perjalanan penuh rintangan. Che banyak melihat ketidakadilan, kondisi sebagian masyarakat Amerika Latin hidup di bawah garis kemiskinan, ketidakadilan dan banyak lainnya. Perjalanan ini kemudian mengubah drastis tujuan hidup Che, seperti yang akhirnya dikenal sekarang, seorang Revolusioner terkenal yang Sosialis.

Yang ingin aku utarakan, wow come on, one journey that changed everything. Che tinggalkan gelar kedokterannya untuk mencari cita2 lain. Aku bukan pengagum Che, aku bahkan tidak begitu kenal siapa Che yang sebenarnya. Tetapi seperti sebagian orang pada umumnya, terjebak pada rutinitas tertentu. Aku belum bisa mencari sesuatu yang berharga yang bisa kusumbangkan buat orang banyak. Seperti judul diatas, berlabuh di tempat yang gak jelas, yang penting berusaha mapan ... yah itu dia.

Aku termasuk kagum pada mereka-mereka yang berani mengambil sikap seperti Che, atau yang berani menanggalkan kehidupan material untuk berjihad, atau orang-orang yang mau dan mampu bekerja di tempat terpencil/kumuh tanpa mementingkan apa yang akan mereka peroleh. Suatu pilihan yang tidak mudah...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home